Pages

Selasa, 25 Maret 2014

Sulitnya menentukan Tujuan dan Fokus pada satu bidang

Aku mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang bisa memainkan peran yang berbeda-beda setiap harinya. Umurku belum genap 22 tahun, aku adalah seorang mahasiswi jurusan ekonomi- manajemen disebuah sekolah tinggi swasta. Aku termasuk salah satu orang yang tidak fokus pada satu bidang.  Kegiatan sehari-hari ku bahkan mungkin tidak ada sangkut pautnya dengan jurusan ekonomi yang sedang aku jalani.

Selain berperan sebagai mahasiswi jurusan ekonomi, aku juga berperan sebagai seorang guru bahasa Inggris di sekolah menengah kejuruan. Sebenarnya aku tidak terlalu jago bahasa inggris, hanya saja aku selalu ingin mencoba hal-hal baru untuk menambah pengalaman.

Selain itu, aku adalah guru Les semua mata pelajaran SD dan SMP. Dan sudah hampir 2 tahun membuka kursus bahasa inggris khusus untuk anak-anak TK dan SD. Ini hal yang paling menantang bagiku, karena anak-anak kecil biasanya butuh metode belajar khusus agar mereka mengerti dan termotivasi untuk terus belajar.  Sesekali aku juga didaulat menjadi guru Tari anak-anak apalagi ketika musim nya acara kenaikan kelas. Semua aku garap!



baru-baru ini, aku juga mencoba usaha kecil-kecilan dengan membuat makanan cemilan. Biasanya aku titip di sekolahan Adik ku yang masih kelas satu SMK. Aku semakin termotivasi untuk menekuni usaha ini karena setiap hari makanan yang aku titip selalu habis.

Peran yang berbeda-beda inilah yang kadang membuat aku bingung sendiri, aku tidak tau harus fokus kemana, kemampuanku lebih bagus dimana, dan prospek yang bagus itu yang mana. Aku bahkan sering kerepotan mengatur waktu antara belajar, mengajar, dan berproduksi makanan.

Aku ingin fokus mengajar bahasa inggris, tapi jurusan ku tidak sesuai dengan pekerjaan yang ingin aku tekuni. Itulah mungkin kenapa, harusnya kita sudah fokus dari awal. Mau jadi apa? ingin bekerja dimana? itu yang akan menjadi fokus kita.  Tapi tidak ada salahnya juga sih mencoba hal-hal baru meskipun diluar fokus kita. Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh. contohnya : dengan mengajar setidaknya aku sudah belajar bagaimana itu manajemen kelas, komunikasi yang baik, bagaimana memahami pribadi dan karakter masing-masing personal, belajar tampil berbicara di depan dan dituntut untuk selalu kreatif dalam segala hal.

Toh ujung-ujung nya di dunia kerja seperti perusahaan, kantor atau bahkan bank sekalipun, hal-hal demikian juga kan yang diperlukan?  Memang selalu ada hikmah dibalik semua yang terjadi, tapi tetap PR ku sekarang adalah harus menentukan ingin fokus kemana! Help me :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar