Pages

Minggu, 02 Februari 2014

English for Kids: "What is your name?"


Miss and Mr, materi apa yang bisa kita sampaikan ketika pertamakali membuka kelas bahasa Inggris? Yup materi yang saya sarankan adalah tentang “What’s your name?” . Materi ini akan lebih efektif dilakukan ketika pertama kali membuka kelas bahasa ingggris apalagi dengan kondisi anak anak yang belum berkenalan satu sama lain, otomatis materi ini juga bisa dijadikan media anak anak untuk berkenalan sambil belajar.

Miss and Mr, seperti biasa kita mempunyai beberapa part dalam menyampaikan materi : Story Telling (bercerita), Let’s practice!(ayo praktekan), Sing a Song (menyanyikan sebuah lagu), dan Playing game (bermain game).  And      Let’s start our English Class Now !





 1. Story Telling

Oval Callout: Hi! My name is Lion What’s your name ?Di sebuah hutan rimba yang lebat hiduplah seekor singa yang gagah berani dan  baik hati  bernama Lion dan seekor  kera yang tampan bernama Monkey. Suatu hari mereka bertemu ketika mereka sedang mencari makan, tapi mereka belum saling mengenal. Lion melihat monkey dan menyapanya “hi my friend”, Monkey tersebut menoleh dan melihat kearah Lion. “Hi…”, jawab monkey. Lion berkata “ my name is Lion, What’s your name?,” “my name is monkey,” jawab monkey. “nice to meet you,” lanjut Lion. Tapi monkey tidak mengerti..Lion menegaskan lagi…maksudku senang bertemu dengan kamu…. “oh….Nice to meet you too.” Jawab monkey. Semenjak itu Lion dan Monkey bersahabat dan mereka saling membantu.



  2. Let's Practice!


3. Sing a Song!


Song title    :  What is Your name ?                              

What is your name
What is your name
May I know
May I know
My name is Monkey
My name is Monkey
Nice to meet you

:: Nada Lagu sama dengan lagu ‘are you sleeping?’ kita bisa mengulang menyanyikan lagu  dengan mengganti kata ‘Monkey’ menjadi ‘Lion’ atau hewan lain yang anak-anak sukai atau bahkan nama mereka sendiri

4. Playing Game!

v   
Buat Lingkaran besar dengan posisi berdiri, guru berada di tengah

v  Anak-anak akan bergerak mengelilingi guru sambil bertepuk tangan dan menyanyikan lagu ‘what’s your name’

v  Di akhir lagu, guru memberikan instruksi untuk berpasangan ( 2 orang), anak-anak akan mencari pasangan mereka masing-masing.
v  Anak-anak yang sudah berpasangan akan saling mempraktekan percakapan ‘what’s your name?’
v  Ulangi game dengan membuat lingkaran dan bernyanyi kembali, berikan instruksi ‘berpasangan’ dengan syarat tidak boleh berpasangan dengan orang yang sama. Ulangi sampai anak-anak saling mempraktekan percakapan dengan pasangan yang berbeda-beda.
v  Terakhir, bernyanyi lagi dan instruksikan untuk berpasangan 4-6 orang, setiap kelompok yang terbentuk harus bisa menyebutkan siapa saja nama-nama anggota kelompoknya.
v  Guru bisa memberikan hukuman seperti menyanyi dll kepada kelompok yang tidak bisa menyebutkan nama-nama anggotanya dengan benar.
 


“Have a Nice Teaching”
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar