Pages

Kamis, 26 Desember 2013

Mengenal huruf, Angka, dan bentuk melalui Game!



     Ada banyak cara mengajari anak membaca, menulis dan menghitung. Salah satunya melalui games baik itu di ruangan maupun games lapangan. Games ini akan membuat anak-anak lebih semangat belajar dan membuat suasana belajar mereka lebih menyenangkan.
    Kebetulan hari ini saya bergabung dengan persatuan guru-guru PAUD dan TK tasikmalaya dalam acara outbound TOT (Training of trainer) dengan trainer hebat dari jogjakarta.Goal dari outbound TOT ini adalah mencetak para trainer sehingga ilmu dan metode belajar melalui games ini bisa kita praktekan kembali pada anak-anak didik kita.
    Banyak sekali permainan-permainan yang diparaktekan hari ini.  Salah satu nya adalah permainan membuat huruf,angka,dan bentuk. Permainan ini sangat sederhana, pertama buat lingkaran kecil. Setiap anggota berpegangan tangan dengan teman disampingnya. Siapkan tali rafia panjang, kemudian setiap anggota memegang tali rafia tersebut secara melingkar tanpa putus.

Di awal permainan, setelah semua anak membuat lingkaran kecil. Kita bisa menanyakan kepada anak. “bentuk apa ini?” lalu mereka akan menjawan “Lingkaran!”,  tanya kembali “Huruf apa ini?” lalu mereka akan menjawab “huruf O”, lalu tanyakan kembali “Angka berapa ini?” lalu mereka menjawab “Angka Nol”. Secara tidak langsung kita memberikan pelajaran kepada anak bahwa bentuk bulat itu bisa berati dia lingkaran, huruf O atau angka nol.
Langkah selanjutnya adalah trainer akan memberikan instruksi misalnya “Silahkan kalian bentuk huruf “J”  dengan posisi tangan tidak boleh lepas. Anak-anak akan membayangkan bagaimana bentuk huruf J lalu kemudian mereka akan mencoba membuat formasi sendiri secara kelompok membentuk huruf J.  Kemudian jika sudah merasa benar, turunkan tali rafia yang mereka pegang ke tanah untuk memastikan apakah benar huruf yang mereka bentuk adalah huruf J.
 

Ulangi permainan ini dengan beberapa instruksi yang berbeda seperti membentuk segitiga, angka 5, atauabjad lain nya.

    Selain permainan Membentuk huruf,angka dan bentuk di atas, ada juga permainan-permainan konsentrasi yang biasanya digunakan untuk warming up.
Misalnya adalah permainan “Normal dan opposite”.Masih dalam bentuk lingkaran dengan tangan berpegangan satu sama lain. Instruksi nya adalah kiri-kanan maju mundur. Jika trainer di awal mengatakan “Normal!” maka anggota bergerak sesuai instruksi secara normal,artinya jika trainer menginstruksikan ke kiri maka anak-anak melompat ke kiri, instruksi mundur maka anak melompat mundur. Namun jika ada kata “opposite” maka artinya kebalikan. Jika trainer menginstruksikan Kanan, maka anak-anak harus melompat ke arah yang berlawanan yaitu kiri, begitupun dengan instruksi maju yang berarti adalah mundur. Permainan ini akan lebih seru jika instruksi di ucapkan dengan cepat sehingga banyak anak-anak yang akan terkecoh.
Masih banyak lagi game seru dan menarik dari outbound TOT ini, yang pastinya bermanfaat khususnya bagi para guru. By the way, saya juga sebenarnya bukan guru, saya kuliah di jurusan Ekonomi-Manajemen tapi tidak ada salahnya bagi kita belajar sesuatu yang baru meskipun bukan bidang kita karena setiap ilmu pasti ada manfaatnya.
Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba game nya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar